Jumat, 22 Desember 2017
Berlangganan

4 Cara Memulihkan Tubuh dari Jet Lag Pasca Traveling

rujukantraveler - 4 Cara Memulihkan Tubuh dari Jet Lag Pasca Traveling

Rujukantraveler - Desember adalah bulannya liburan. Menjelang Natal dan tahun baru, bandara-bandara akan penuh oleh para wisatawan yang bersemangat dengan agendanya masing-masing. Kemana destinasi liburanmu kali ini?

Jika kamu berlibur ke destinasi yang agak jauh, kamu pasti akan menghabiskan waktu lama di pesawat terbang. Bukan tak mungkin setelahnya kamu merasakan jet lag. Terkena jet lag adalah fenomena yang sering terjadi, yakni jam biologis yang terganggu karena perubahan zona waktu yang ekstrem.

Gejala jet lag bisa berupa terganggunya pola tidur, pencernaan, kehilangan selera makan, pusing, hingga sulit fokus. Jet lag bisa bertahan hingga 2-5 hari setelah kedatangan. Nah bagaimana cara memulihkan jet lag yang bikin liburanmu tidak nyaman? Begini caranya:

1. Makan dan Tidur Menyesuaikan Jam Zona Baru

Mungkin kamu belum terbiasa dengan zona waktu yang baru. Tapi paksakan lah diri untuk makan dan tidur sesuai dengan jam di tempat kamu berada.

Lama-kelamaan kamu akan terbiasa mengikuti zona waktu di sana. Jika kamu sangat mengantuk tapi di sana waktunya beraktivitas, curilah waktu untuk tidur selama 20 menit untuk recovery energi.


2. Lakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Beraktivitas di bawah sinar matahari adalah cara terbaik untuk memulihkan jet lag. Cahaya matahari sangat mempengaruhi irama sirkadian, yakni jam biologis tubuh kita yang sesuai dengan perputaran waktu 24 jam.

Dengan terkena paparan sinar matahari, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Coba lah berjalan tiap pagi sekitar pukul 8.00-9.00 waktu setempat.


3. Minum Pil Tidur

Insomnia adalah salah satu gejala paling umum dari jet lag. Ketika sudah waktunya tidur di lingkungan barumu, kamu malah masih segar. Demi menyembuhkan jet lag, kamu harus tetap tidur.
Kamu bisa minum teh chamomile agar bisa membuat badan rileks dan cepat terlelap.

4. Mandi

Cara lain untuk menyesuaikan jam biologis pada tubuh kita adalah dengan mandi. Mandi air hangat pada pagi hari dan air dingin pada malam hari. Hal ini dapat membantu perubahan temperatur tubuh dan munculnya hormon melatonin yang membantumu tidur nyenyak. (Kumparan)