Jumat, 03 Juni 2016
Berlangganan

Rileks Sejenak di Danau Tamblingan, Bali


Rujukan Traveler - Keindahan Bali tak hanya pantai. Di Kabupaten Buleleng, ada Danau Tamblingan yang cantik dan tenang, cocok untuk traveler yang mencari ketenangan.

Pulau Dewata memang menyimpan sejuta keindahan alam yang tidak diragukan lagi. Bali dikenal dengan pantai-pantainya yang indah, namun ternyata Bali juga memiliki danau yang tak kalah memukau, Tamblingan namanya.

Danau ini terletak di sebelah utara Gunung Lesung, kita bisa mengarahkan kendaraan dari Denpasar menuju Singaraja dan mengikuti petunjuk jalan kearah Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam untuk mencapai danau ini. 

Berlokasi di antara perbukitan, kita akan sangat mudah menemukan danau ini karena akan terlihat dari atas saat melintasi jalan menuju lokasi danau. Ada 2 danau di kawasan ini, yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang dikenal sebagai danau kembar.

Setibanya di Danau Tamblingan kita akan disambut keindahan serta suasana yang sejuk dan tenang. Suara burung dan hewan-hewan liar juga kerap terdengar bersautan.


Seperti tempat-tempat sakral lainnya di Bali, di Tamblingan pun terdapat beberapa pura. Danau Tamblingan disakralkan karena pada masa lampau, air danau ini digunakan untuk mengobati wabah penyakit yang menyerang.

Di area danau yang memiliki luas sekitar 1,15 km persegi ini kita dapat menyewa perahu penduduk setempat untuk menikmati keindahan alam dari tengah danau.

Karena terletak di perbukitan, udara di danau tamblingan sangat sejuk. Kita akan senang berlama-lama menikmati suasana alam yang menenangkan hati seperti ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah di pagi hari, karena akan mendapatkan keindahan cahaya matahari pagi yang memantul di permukaan danau seperti kaca. [Ohanami Travel]