Kamis, 19 Mei 2016
Berlangganan

Tugu Sura dan Buaya, Landmark Paling Top Surabaya


Rujukan Traveler - Setiap kota punya landmark yang membuat wisatawan selalu ingat dengannya. Kalau Jakarta punya Monas, Surabaya punya Tugu Sura dan Buaya yang terkenal.

Tugu Sura dan Buaya begitu ikonik. Tugu buaya yang sedang bertarung dengan ikan hiu, sangat lekat dengan identitas dan asal muasal nama Surabaya.

Legendanya sangat menarik. Ikan hiu sura dan buaya adalah hewan yang sama-sama kuat, ganas dan mereka bertarung satu sama lain. Akhirnya mereka pun berbagi wilayah kekuasaan.

Patung Sura dan Buaya yang paling terkenal ada di depan Kebun Binatang Surabaya. Inilah yang menjadi landmark bahkan lambang kota. Banyak wisatawan yang berfoto-foto bersama patung landmark ini.

Patung Sura dan Buaya ini ada replikanya di arena skate board Jl Ketabang Kali, di belakang Delta Plaza dekat Monumen Kapal Selam. Bedanya dengan yang di depan kebun binatang, patung yang di sini mengeluarkan air mancur.

Nah, Surabaya juga punya satu lagi patung Sura dan Buaya yang versi TNI AL di Jl Moh Natsir. Di sini ikan hiu dan buayanya mengelilingi jangkar dengan burung garuda di atasnya.

Sungguh menarik mengisi waktu liburan panjang di Surabaya dengan mengunjungi ketiga patung Sura dan Buaya yang ada di sana. Tapi kalau tidak sempat, tinggal menontonnya lewat situs Youtube saja. Cari dengan kata kunci Surabaya, dari situ akan nampak beberapa video menggambarkan kecantikan kota Surabaya dari atas langit. [Ohanami Travel]